Mengenal Chat GPT, Chatbot Berbasis Machine Learning

 #MCTinfo

πŸ„·πŸ„°πŸ„Έ πŸ…ƒπŸ…πŸ„ΎπŸ„ΎπŸ„ΏπŸ„΄πŸ…πŸ…‚ πŸ–️πŸ–️πŸ–️



Adanya perkembangan di industri yang semakin canggih, OpenAI berbasis Machine Learning mengembangkan sebuah terobosan dan kini sedang hangat dibicarakan yaitu Chat GPT (Generative Pre-Trained Transformer).

Sedikit berbeda dengan Chatbot pada umumnya, Chat GPT adalah Chatbot berbasis Machine Learning digunakan untuk membantu menghasilkan ide konten, esai, bahkan menyelesaikan pertanyaan matematika.

Diluncurkan pada November 2022 lalu, platform ini telah memantapkan posisinya di berbagai perusahaan industri teknologi dan internet. Lantas, apa yang dimaksud dari dan keunggulan Chat GPT? Bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Apa Itu ChatGPT

Chat GPT buatan lembaga riset asal San Fransisco, Amerika Serikat (AS), OpenAI viral di media sosial. Ini merupakan platform berbasis kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). OpenAI didirikan oleh Elon Musk, Sam Altman, dan beberapa peneliti pada 2015. Sam Altman menyampaikan, Chat GPT digunakan oleh lebih dari satu juta orang dalam lima hari sejak dirilis.

Layanan ini diklaim bisa melakukan berbagai macam tugas dalam waktu singkat. Beberapa contoh penggunaan Chat GPT adalah untuk membantu menjawab soal Matematika, membuat jokes, hingga menyajikan rumus Excel. Chat GPT juga memiliki kemampuan mengoreksi jawabannya sendiri, jika dirasa jawaban yang diberikan kurang sesuai.

Saat ini, selain bahasa Inggris, Chat GPT juga telah mendukung bahasa Indonesia. Jadi, pengguna di Indonesia bisa mengajukan pertanyaan atau perintah dalam bahasa Indonesia yang kemudian akan mendapat jawaban dalam bahasa yang sama. 

2. Fungsi ChatGPT

Beberapa fungsi Chat GPT di antaranya: 

  • Memperluas Percakapan

Cara kerja Chat GPT untuk memperluas percakapan dengan cara memulainya dari topik baru secara otomatis. Misalnya, apabila kamu memberikan pertanyaan tentang makanan sehat, Chat  GPT akan memulai percakapan dengan topik terkait, lalu meluas ke topik-topik lain seperti gaya hidup sehat, pencegahan penyakit, dan sebagainya.

  • Penyedia Informasi

Kamu juga bisa menemukan berbagai informasi mengenai arti kata hingga istilah di Chat GPT. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang topik untuk memperoleh jawaban yang akurat. 

  • Meningkatkan Produktivitas

Tugas-tugas bisa diselesaikan lebih cepat dan akurat sehingga produktivitas bisa meningkat. Teknologi dari Chat GPT ini bisa membantu pengguna mengelola jadwal sehari-harinya, hingga mengingatkan tugas yang harus kamu kerjakan pada hari tertentu.

3. Bagaimana Cara Kerja Chat GPT?

Jika kamu penasaran dan ingin mencoba atau eksplor lebih dalam tentang cara kerja ChatGPT ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan, yuk simak langkahnya berikut ini:

  • Buka browser dan kemudian kunjungi situs berikut: https://chat.openai.com/auth/login.

  • Kemudian tekan ‘Sign Up’ dan silahkan membuat akun pribadimu. Registrasi dapat menggunakan Email, akun Google atau akun Microsoft.

  • Setelah itu masukkan nomor pribadimu yang nantinya OpenAI akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor aktif.

  • Terakhir, masukkan kode verifikasi, tunggu beberapa menit dan kamu akan langsung dialihkan ke dashboard Chat GPT!

4. Keunggulan ChatGPT 

  1. Keunggulan ChatGPT

  • Chatbot Chat GPT dapat membantu pengguna untuk membuat chatbot yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau pengguna lainnya. Dalam pembuatan chatbot, Chat GPT akan menggabungkan berbagai teknologi AI seperti Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning (ML) untuk membuat chatbot yang lebih responsif dan cerdas.

  • Analisis Chat GPT juga dapat digunakan untuk membantu melakukan penelitian dan analisis dalam berbagai bidang, seperti pemasaran, keuangan, dan teknologi.

  • Jawaban yang disajikan dengan gaya bahasa yang human-friendly tentu lebih mudah dipahami. Chat GPT memiliki kemampuan menyajikan jawaban dengan diksi yang gampang dipahami manusia. Bukan sebatas bahasa ‘robot’ yang kaku.


Mudah bukan? Selain mudah penggunaannya, Chat GPT juga mudah diakses baik di browser komputer/PC maupun di smartphone. Berkat OpenAI, adapun beberapa model bahasa yang membantu pekerjaan di industri berdasarkan pembelajaran canggih Artificial Intelligence.


KETERBATASAN

- ChatGPT terkadang menulis jawaban yang terdengar masuk akal tetapi salah atau tidak masuk akal. Memperbaiki masalah ini menantang, karena: (1) selama pelatihan RL, saat ini tidak ada sumber kebenaran; (2) melatih model untuk lebih berhati-hati menyebabkan model menolak pertanyaan yang dapat dijawab dengan benar; dan (3) pelatihan yang diawasi menyesatkan model karena jawaban yang ideal  bergantung pada apa yang diketahui model , bukan apa yang diketahui oleh peraga manusia.

- ChatGPT peka terhadap tweak ke frase input atau mencoba prompt yang sama beberapa kali. Misalnya, diberikan satu ungkapan pertanyaan, model dapat mengklaim tidak tahu jawabannya, tetapi diberi sedikit pengulangan, dapat menjawab dengan benar.

- Modelnya sering terlalu bertele-tele dan menggunakan frasa tertentu secara berlebihan, seperti menyatakan kembali bahwa itu adalah model bahasa yang dilatih oleh OpenAI. Masalah ini muncul dari bias dalam data pelatihan (pelatih lebih menyukai jawaban yang lebih panjang yang terlihat lebih komprehensif) dan masalah pengoptimalan yang berlebihan.

- Idealnya, model akan mengajukan pertanyaan klarifikasi saat pengguna memberikan kueri yang ambigu. Sebaliknya, model kami saat ini biasanya menebak apa yang diinginkan pengguna.

- Meskipun telah berupaya untuk membuat model tersebut menolak permintaan yang tidak pantas, terkadang model tersebut menanggapi instruksi yang berbahaya atau menunjukkan perilaku bias. Menggunakan  API Moderasi  untuk memperingatkan atau memblokir jenis konten tidak aman tertentu, tetapi berharap konten tersebut memiliki beberapa negatif dan positif palsu untuk saat ini. sangat ingin mengumpulkan umpan balik pengguna untuk membantu pekerjaan yang berkelanjutan untuk meningkatkan sistem ini.


MANGUNI CYBER TROOPS
BENTENG SIBER SULAWESI UTARA


Sumber : 
  • https://dqlab.id/mengenal-chat-gpt-chatbot-berbasis-machine-learning
  • https://openai.com/blog/chatgpt

#ManguniCyberTroops
#MCT
#BentengSiberSulut
#PAR
#JagaRuangSiber

0 Komentar