Solusi Cerdas untuk Mengecek Link Mencurigakan Sebelum Dibuka

 #MCTinfo

πŸ„·πŸ„°πŸ„Έ πŸ…ƒπŸ…πŸ„ΎπŸ„ΎπŸ„ΏπŸ„΄πŸ…πŸ…‚ πŸ–️πŸ–️πŸ–️

Solusi Cerdas untuk Mengecek Link Mencurigakan Sebelum Dibuka

Apakah Anda pernah merasa was-was ketika membuka link yang tidak dikenal? Terkadang, link tersebut bisa jadi mengandung virus atau phising yang berbahaya bagi keamanan data Anda. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan layanan urlscan untuk mengecek link sebelum membukanya. 

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakannya:

1. Buka situs urlscan.io

Situs ini menyediakan layanan untuk mengecek link sebelum dibuka. Anda dapat mengaksesnya melalui browser di perangkat Anda.

2. Masukkan link yang ingin Anda cek

Setelah masuk ke situs urlscan.io, masukkan link yang ingin Anda cek di kolom yang tersedia. Kemudian, klik tombol "Scan".

3. Tunggu hingga proses scanning selesai

Urlscan akan melakukan scanning link yang Anda masukkan. Proses ini membutuhkan waktu beberapa detik hingga beberapa menit tergantung dari kompleksitas link tersebut.

4. Periksa hasil scanning

Setelah proses scanning selesai, urlscan akan menampilkan hasil scanning link tersebut. Anda dapat melihat apakah link tersebut aman atau tidak.

5. Lakukan tindakan yang sesuai

Jika link tersebut aman, maka Anda dapat membukanya dengan tenang. Namun, jika link tersebut tidak aman, maka sebaiknya Anda menghindari untuk membukanya dan menghapus link tersebut dari perangkat Anda.

Kesimpulan:

Dengan menggunakan urlscan, Anda dapat memastikan keamanan link yang ingin Anda buka. Selain itu, Anda juga dapat menghindari kerugian yang mungkin terjadi akibat virus atau phising yang terdapat pada link tersebut. Jadi, selalu periksa link sebelum membukanya dengan urlscan agar Anda terhindar dari ancaman cyber.

MANGUNI CYBER TROOPS

BENTENG SIBER SULAWESI UTARA


#ManguniCyberTroops
#MCT
#BentengSiberSulut
#PAR
#JagaRuangSiber

0 Komentar