𝟯 𝗦𝗔𝗥𝗜𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗛𝗢𝗔𝗫 𝗔𝗟𝗔 𝗦𝗢𝗖𝗥𝗔𝗧𝗘𝗦


𝟭. 𝗞𝗘𝗕𝗘𝗡𝗔𝗥𝗔𝗡

Saringan yang pertama adalah kebenaran. Jadi, sebelum menyebarkan sebuah informasi, kita harus menelaah terlebih dahulu apakah informasi yang disampaikan sudah valid atau belum. Hal yang sama juga berlaku saat kita menerima informasi.

Sebelum mempercayainya, alangkah baiknya kita memeriksa kembali kebenaran dari informasi tersebut. Sebab, mempercayai informasi yang ternyata hoax tentu saja akan merugikan diri sendiri. Apalagi jika informasi tersebut kita teruskan kepada orang lain, akan semakin fatal akibatnya.

𝟮. 𝗞𝗘𝗕𝗔𝗜𝗞𝗔𝗡

Saringan yang selanjutnya adalah kebaikan. Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kita suka dengan informasi yang baik? Atau buruk? Sebagian besar dari kita akan refleks menjawab ‘ya’ pada pertanyaan pertama. Karena secara naluriah, manusia lebih menyukai hal-hal yang bersifat baik.

Maka dari itu, sebelum menyebarluaskan informasi, kita perlu mempertimbangkan terlebih dahulu apakah informasi tersebut mengandung kebaikan atau tidak. Demikian pula halnya saat kita hendak menerima informasi. Karena yang kita inginkan adalah memperoleh informasi yang baik, bukan?

𝟯. 𝗞𝗘𝗚𝗨𝗡𝗔𝗔𝗡

Saringan yang terakhir adalah kegunaan. Diantara banyaknya informasi yang bertebaran di internet, selain menelaah kebenaran dan kebaikan di dalamnya, kita juga perlu memperhatikan kegunaan dari informasi tersebut.

Sehingga, informasi yang kita peroleh tidak hanya baik dan benar, tetapi juga bermanfaat. Entah itu bermanfaat untuk menambah wawasan ataupun berguna dalam kehidupan sehari-hari. Memperhatikan kebermanfaatan dari sebuah informasi juga penting sebelum kita menyebarkannya. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

MANGUNI CYBER TROOPS
BENTENG SIBER SULAWESI UTARA

#ManguniCyberTroops
#MCT
#BentengSiberSulut
#PAR
#JagaRuangSiber

0 Komentar