K.E.P.O


#MCTinfo
πŸ„·πŸ„°πŸ„Έ πŸ…ƒπŸ…πŸ„ΎπŸ„ΎπŸ„ΏπŸ„΄πŸ…πŸ…‚ πŸ–️πŸ–️πŸ–️

Ayo ngaku siapa yang suka KEPO? Entah itu kepoin kehidupan temanmu, pacarmu, atau malah si mantan yang nggak bisa kamu lupain. KEPO adalah akronim dari Knowing Every Particular Object yang artinya sebutan untuk orang yang serba ingin tahu dari detail sesuatu baik yang kalau ada yang terlintas dibenaknya dia tanya terus. Hal-hal sepele ditanyain, serba ingin tahu, pengen tahu urusan orang lain dan sebagainya.

Pendapat lainnya,  KEPO adalah kata bahasa HOKKIEN TIONGHOA  MEDAN/Tionghoa Sumatera yang sering digunakan untuk memarahi, mengejek orang karena kurang kerjaan (jadi mengerjakan kerjaan yang bukan kerjaannya), sibuk tak menentu. Contoh :
ane kepo elu artinya kurang kerjaan kali lah kau

Berasal dari bahasa hokkian, Ke = bertanya, Po(Apo) = Nenek2. Jadi artinya nenek-nenek yang suka bertanya-tanya. Pingin tau banget gitu.. Contoh: 
A : kamu lagi dimana? ngapain? sama siapa?
B : kepo banget sihh...
A: eh pacar lu skrg siapa? rumahnya dimana? cakep gak? kenalin donk?
B: kepo aje lu nanya-nanyaπŸ˜„

Ada lainnya, kata KEPO berasal dari dua kata bahasa inggris menunjukkan "Care Full" artinya peduli banget". Kata 'Care Full' ini mengalami transformasi.
Care Full > Ker Pol > Kepo.

Ini lagi salah satunya singkatan dari kek pembokat (kayak pembantu), banyak nanya, disuruh ngerjain banyak tanya, ga tanggap.
A : eh kita hang out yuk besok!
B : kemana? enanknya ngapain ya? menurut lo butuh dana berapa ya?
si b kepo

Media sosial kini seolah-olah memberikan kemudahan untuk aktivitas KEPO bahkan terbuka jalan bisa menguntit (stalking) kehidupan orang lain. Tapi kamu mesti sadari, kebiasaan ini bisa jadi tidak positif lho!

Bagi korbannya, stalking dapat terasa sebagai suatu bentuk perilaku yang mengganggu sehingga dapat membuat tertekan. Pada dasarnya, hukum Indonesia tidak mengenal khusus tentang tindakan stalking. Namun demikian, seseorang bisa saja melaporkan ke Polisi terkait perbuatan yang membuatnya merasa terintimidasi, terteror dan ketakutan.

Jika kepo secara definitif tadi diterapkan dalam menelaah dan mengkaji satu hal akan menjadi sesuatu yang baik, maka akan berpeluang menambah wawasan. Ketika salah pemaknaan atau salah menjadikan objek bisa berpeluang tidak disukai bahkan memancing amarah dari objek yang kita kepo. Nah karena itu, kepo itu sendiri banyak macam-macamnya, yuk simak lima macam kepo di bawah ini :

1. Kepo yang menyebalkan

Kepo yang menyebalkan adalah sejenis tanya yang horor. Iya mempertanyakan hal sensitif pada sebagian orang. Seperti tanya tentang kapan wisuda dan atau tanya kapan nikah. Nah kepo yang jenis satu ini jangan coba dipraktikkan ke jomblo ngenes plus sedang datang tamu bulanan yang juga sedang njlimet mikirin skripsi yang belum kelar. Kamu harus bersiap jika dia ngajak perang.
 

2. Kepo detektif gagal misi

Kepo sejenis ini seperti seorang detektif yang sedang menelaah satu hal. Dia suka dengan stalking medsos, seperti FB atau IG tapi meninggalkan jejak like dan atau gambar love di instagram pada postingan bulan lama atau bahkan tahun lalu. Wah bahaya. Bakal ketahuan kalau kepo. Apalagi kalau ternyata dia adalah sang mantan, ketahuan deh gagal move on.

3. Kepo yang mendatangkan harapan

Kepo yang mendatangkan harapan itu adalah sejenis tindakan bertanya tanya seorang calon pembeli pada penjual, atau keponya seorang calon downline kepada upline-nya. Meskipun belinya gak jadi, setidaknya akun penjual jadi ramai, dan itu bisa memancing calon pembeli lain untuk melirik dagangannya. Tapi satu catatan untuk calon pembeli, jadilah calon pembeli yang baik dengan tidak menjadi seorang Afgan dengan nyanyiannya sadis dalam menawar barang jauh dari harga standar pasar. 

4. Kepo yang menakutkan

Kepo jenis ini semacam adalah tindakan bertanya pada saat ulangan atau ujian, bawaannya was-was takut ketahuan pengawas.

5. Kepo is care 

Kepo sejenis ini patut untuk dilestarikan, kepo dengan arti kepedulian. Misalnya, ada yang biasa hadir kemudian absen kita tanyakan kondisinya, apakah sakit atau sedang ada dalam kepentingan, atau kepo is care yang sederhana bertegur sapa dan menanyakan kabar dalam setiap jumpa. Nah kepo yang seperti ini akan menghangatkan jalinan perkawanan.

Jadi bagi kamu yang masih suka nurutin hawa nafsu kepo, jangan sampai jiwa KEPO-mu bikin kamu jadi penguntit bahkan perundung di #ruangsiber ya 

MANGUNI CYBER TROOPS
BENTENG SIBER SULAWESI UTARA


Sumber : 
  • BSSN RI
  • https://amp.kaskus.co.id/thread/5479289631e2e6a3228b4578/apa-sih-itu-kepo 

#ManguniCyberTroops
#MCT
#BentengSiberSulut
#PAR
#JagaRuangSiber


0 Komentar