Akun GMail akan dihapus mulai 1 Desember 2023

Foto : Inbox Gmail


Google telah mengumumkan bahwa mereka akan membersihkan akun Gmail yang tidak aktif selama dua tahun. Keputusan ini diambil untuk melindungi pengguna dari potensi pencurian data dan penyalahgunaan akun. Perusahaan akan mulai menghapus akun-akun ini pada bulan Desember 2023, tetapi kebijakan ini hanya berlaku untuk pengguna Gmail gratis.

Selain akun Gmail, kebijakan penghapusan juga akan mempengaruhi seluruh ekosistem Google Workspace, termasuk Docs, Drive, Meet, dan Calendar. Akun YouTube dan Google Photos juga akan terkena dampaknya, dengan akun dan aksesnya akan dihapus jika tidak aktif selama dua tahun.

Google telah menegaskan bahwa mereka akan mengirimkan beberapa pemberitahuan kepada pemilik akun beberapa bulan sebelum menghapusnya. Pemberitahuan ini akan dikirim ke alamat email utama dan alamat pemulihan (jika tersedia).

Keputusan ini diambil untuk melindungi pengguna dari potensi pencurian data dan penyalahgunaan akun.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga agar akun Google Anda tetap aktif dan terhindar dari penghapusan. Berikut adalah enam tips yang diberikan oleh Google: 

  1. Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim email secara teratur. Aktivitas ini dapat mempertahankan status aktif akun Anda. 
  2. Gunakan Google Drive untuk menyimpan dan mengelola file Anda. Melakukan aktivitas di Google Drive juga akan membantu menjaga akun Anda tetap aktif.
  3. Gunakan akun Google Anda untuk menonton video di YouTube. Melihat video dan berinteraksi dengan platform YouTube akan dianggap sebagai aktivitas aktif.
  4. Unduh aplikasi dari Google Play Store dengan menggunakan akun Google Anda. Aktivitas unduhan aplikasi juga akan membantu mempertahankan akun Anda.
  5. Gunakan mesin pencari Google untuk browsing dan mencari informasi. Melakukan pencarian melalui Google Search akan dihitung sebagai aktivitas yang mempertahankan status aktif akun Anda.
  6. Gunakan akun Google untuk masuk ke aplikasi atau mendaftar di situs web. Melakukan tindakan ini juga akan dianggap sebagai aktivitas yang mempertahankan akun Anda.
Selain itu, kegiatan seperti berlangganan Google One, berlangganan publikasi berita, atau menggunakan aplikasi yang terkait dengan akun Google juga akan dihitung sebagai aktivitas yang mempertahankan akun Anda.

Selain itu, Anda perlu masuk ke Google Photos setidaknya setiap dua tahun agar dianggap sebagai pengguna yang aktif. Dengan mengikuti tips ini dan terus menggunakan akun Google Anda secara teratur, Anda dapat menjaga agar akun Gmail Anda tetap aktif dan menghindari risiko penghapusan oleh sistem pada akhir tahun 2023. Penting untuk memeriksa dan memperbarui keamanan serta privasi akun Gmail Anda secara teratur guna memastikan kelancaran penggunaan akun Anda. (CSIMCT)

#ManguniCyberTroops
#MCT #PAR
#BentengSiberSulut
#JagaRuangSiber
#MakinCakapDigital

0 Komentar